Social Icons

Sunday, 23 June 2013

Pedoman Pembuatan Kurikulum dan Sebaran Mata Kuliah

 STRUKTUR KURIKULUM
DAN SEBARAN MATA KULIAH
Bagian Kesatu
Struktur dan Ketentuan Pengembangan Kurikulum
Pasal 1
1. Struktur Kurikulum program Sarjana dan Diploma
tersusun sebagai berikut :
a.
Mata Kuliah Umum (MKU) adalah kelompok mata kuliah
yang ditujukan
untuk mengembangkan aspek kepribadian mahasiswa seb
agai individu
dan warga masyarakat
b.
Mata Kuliah Keahlian (MKK) adalah kelompok mata kul
iah yang
ditujukan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa d
alam
penguasaan keahlian bidang studi/bidang ilmu terkai
t
c.
MKK dapat terdiri atas MKK Fakultas dan MKK Program
Studi
d.
MKK Program Studi ada yang bersifat wajib dan ada y
ang bersifat pilihan
e.
Mata Kuliah Perluasan dan Pendalaman (MKPP) adalah
mata kuliah
pilihan yang diambil dari prodi sendiri yang dituju
kan untuk memperluas
atau memperdalam penguasaan materi
f.
Mata Kuliah Kemampuan Tambahan (MKKT) adalah mata k
uliah pilihan
yang disediakan oleh prodi yang dapat diambil oleh
mahasiswa dari luar
program studi tersebut untuk menambah kemampuan dal
am bidang lain
g.
Mata Kuliah Plihan Bebas (MK Pilihan Bebas) adalah
mata kuliah yang
diambil dari program studi lain dan mahasiswa bebas
menentukan mata
kuliah pilihannya
h.
Mata Kuliah Profesi (MKP) adalah kelompok mata kuli
ah pada Program
Studi Tenaga Kependidikan yang bertujuan untuk men
gembangkan
kemampuan Profesi, dan terdiri atas kelompok Mata K
uliah Dasar Profesi
(MKDP), Mata Kuliah Keahlian Profesi (MKKP), dan Ma
ta Kuliah
Latihan Profesi (MKLP) untuk Program D2 PGTK dan D
2 PGSD
Pasal 2
1.
Setiap program studi wajib menyediakan MKKT bagi ma
hasiswa dari program
studi lain
2.
Program studi Kependidikan dan Nonkependidikan dapa
t menyediakan lebih dari
satu konsentrasi akademik
Pasal 3
1.
Pengembangan kurikulum program Sarjana dan Diploma
berdasarkan pada
ketentuan sebagai berikut :
a.
bobot sks tiap mata kuliah 2-4 sks, skripsi 6 sks,
dan dalam hal khusus
dimungkinkan sampai lebih dari 6 sks bila ada keten
tuan secara nasional
b.
MKK tiap program studi wajib memuat mata kuliah Bah
asa Inggris (2 sks)
c.
Program studi yang memerlukan mata kuliah Pendidika
n Kesenian dan
atau mata kuliah Kewirausahaan dapat memasukkannya
dalam MKK
Program Studi masing-masing sebesar 2 sks
Pasal 4
1.
Jumlah Sks Program S1 berkisar antara 144-150 sks d
engan komponen sebagai
berikut :
a.
Mata Kuliah Umum (MKU) dengan jumlah sks sebanyak 1
4 sks.
b.
MKK Program Studi Kependidikan dengan jumlah sks be
rkisar antara
103-109 sks.
c.
MKP Program Kependidikan guru dengan jumlah sks seb
anyak 30 sks,
terdiri dari atas :
1)
MKDP untuk kependidikan guru
2)
MKKP Bidang Studi Teoritik untuk kependidikan guru
Bagian Kedua
Semester Padat
Pasal 5
1.
Program studi disarankan menyediakan sejumlah mata
kuliah untuk semester
padat
2.
Semester padat dapat diikuti oleh mahasiswa yang m
engambil mata kuliah baru
dan atau mata kuliah perbaikan
3.
Kuliah semester padat diselenggarakan pada masa lib
ur antara semester genap dan
ganjil
4.
Jenis mata kuliah yang ditawarkan dalam semester pa
dat tidak boleh memuat
komponen praktikum
5.
Jumlah pertemuan atau tatap muka tiap mata kuliah d
alam semester padat
sebanyak 16 kali
6.
Jumlah mata kuliah yang dapat dikontrak mahasiswa d
alam satu semester padat
adalah antara 2-4 mata kuliah
7.
Jumlah mata kuliah yang ditawarkan pada semester pa
dat harus lebih banyak dari
jumlah mata kuliah yang akan dikontrak oleh mahasis
wa, agar mereka dapat
memilih
8.
Jumlah sks yang dapat dikontrak mahasiswa dalam sat
u semester padat
maksimum 8 sks
Bagian Ketiga
Perpindahan dan studi lanjut
Pasal 6
1.
Perpindahan dapat dilakukan oleh mahasiswa atau lul
usan dari program studi di
lingkungan UPI atau dari luar UPI
2.
Lulusan S1 UPI dapat mengambil program S1 kedua, ke
dua-duanya
kependidikan, atau satu kependidikan dan satu lagi
nonkependidikan, dengan
ketentuan sebagai berikut :
a.
telah lulus program S1 pertama
b.
mengikuti dan lulus seleksi
c.
dilakukan proses penilaian terhadap hasil perkuliah
an yang telah
dicapainya untuk menentukan mata kuliah dan jumlah
sks yang harus
ditempuh pada program yang baru
3.
perpindahan dari program kependidikan ke nonkependi
dikan atau sebaliknya
dapat dilakukan :
a.
Minimal telah mengikuti empat semester pada program
studi lama
b.
Pengakuan terhadap sks bawaan dilakukan oleh Ketua
Program Studi yang
bersangkutan (baru)
c.
Masih memiliki masa studi yang memungkinkan mahasis
wa yang
bersangkutan dapat menyelesaikan studinya.
4.
Mahasiswa pindahan dari perguruan tinggi lain:
a.
berasal dari perguruan tinggi negeri
b.
pada perguruan tinggi asal, minimal telah mengikuti
empat semester
c.
mengikuti dan lulus seleksi pada jurusan atau progr
am studi sejenis
d.
pengakuan terhadap sks bawaan dari perguruan tinggi
asal dilakukan
melalui penilaian oleh Ketua Jurusan / Prodi yang b
ersangkutan (baru)
e.
masih memiliki masa studi yang memungkinkan mahasis
wa yang
bersangkutan, dapat menyelesaikan studinya
5.
Mahasiswa lulusan jenjang diploma dapat melanjutkan
ke jenjang sarjana dalam
program studi yang sama, dengan ketentuan sebagai b
erikut :
a.
berasal dari perguruan tinggi negeri
b.
mengikuti dan lulus seleksi
c.
dilakukan proses penilaian terhadap hasil perkuliah
an yang telah
dilakukan untuk menentukan mata kuliah dan jumlah s
ks yang harus
ditempuh pada program yang baru
PEDOMAN PENULISAN
DESKRIPSI DAN SILABUS MATA KULIAH
1.
Deskripsi Mata Kuliah
a.
Deskripsi Mata Kuliah
-
uraian singkat mengenai mata kuliah, bersifat relat
if permanen,
dan menjadi pedoman bagi dosen untuk dikembangkan l
ebih
lanjut menjadi Silabus dan SAP,
-
Menggambarkan garis-garis besar atau pokok-pokok da
ri isi dan
proses perkuliahan,
-
Membentuk narasi, bukan butir-butir, dengan demikia
n tidak
perlu penomoran,
-
Panjang deskripsi antara 100-150 kata.
b.
Isi Deskripsi
Pada nama mata kuliah memuat nomor kode, Nama Mata
Kuliah, program
S-2 atau S-3, jumlah SKS, dan smester ;pada Deskrip
si memuat:
(1) Status mata kuliah (mata kuliah dasar/pengantar
/pengenalan, atau mata
kuliah lanjut), wajib atau pilihan, (2) tujuan yang
menggambarkan
kemampuan atau kompetensi yang diharapkan dikuasai
setelah selesai
mengikuti kuliah, (3) garis-garis besar isi atau ma
teri kuliah (topik-topik
inti dan non-inti), dan (4) pendekatan pembelajaran
dan evaluasi secara
umum, (5) referensi utama (dua/tiga buku).
c.
Contoh
PK 921. Model-model Pengembangan Kurikulum : S-2, 3
sks, Smester 1
Mata kuliah ini merupakan kuliah lanjutan dari perk
uliahan pada program S-2
Pengembangan Kurikulum. Selesai mengikuti perkuliah
an ini mahasiswa diharapkan
mampu menjelaskan model-model: konseptual, desain,
implementasi dan
evaluasikurikulum dan pembelajaran; model-model yan
g diterapkan dan permasalahan
yang dihadapi dalam pelaksanaan model-model tersebu
t di Indonesia saat ini. Dalam
perkuliahan ini dibahas model-model konsep: transmi
si, transaksi, dan transformasi;
paradigma perenial, model-model pengorganisasian is
i, model pengajaran/pembelajaran,
model pengembangan, implementasi dan evaluasikuriku
lum. Perkuliahan juga mengkaji
isu-isu dan masalah-masalah yang dihadapi dalam pen
erapan dan pengembangan macam-
macam model kurikulum dan pembelajaran saat ini. Pe
laksanaan kuliah menggunakan
pendekatan ekspositori dalam bentuk ceramah dan tan
ya-jawab yang dilengkapi dengan
penggunaan LCD, OHP, Video, dan pendekatan inkuiri
yaitu penyelesaian tugas
penyusunan dan penyajian makalah, review buku dan j
urnal, diskusi dan pemecahan
masalah. Tahap penguasaan mahasiswa selain evaluasi
melalui UTS dan UAS juga
evaluasi terhadap tugas, penyajian dan diskusi. Buk
u sumber utama: Beauchamp, George
A.(1975).
Curriculum Theory;
Miller, Jhon P dan Seller, Wayne (1985).
Curriculum:
prespective and practice;
Schubert, William H (1986).
Curriculum: Prespective,
paradigm and possibility.
2.
Silabus Mata Kuliah
a.
Silabus
-
merupakan uraian yang lebih rinci dari deskripsi ma
ta kuliah,
-
disajikan dalam bentuk butir-butir yang berisi poko
k-pokok dan
sedikit penjelasan dari isi dan proses perkuliahan,
-
komponen-komponen silabus diurutkan dengan diberi n
omor,
-
daftar pustaka dapat lebih banyak dari deskripsi.
b.
Isi Silabus
Silabus mata kuliah berisi: (1) Identitas mata kuli
ah yang memuat nama
mata kuliah, nomor kode, jumlah sks, smester, kelom
pok mata kuliah,
program S-2 atau S-3, status mata kuliah, mata kuli
ah prasyarat, dan nama
dosen, (2) tujuan umum mata kuliah (tercakup didala
mnya
kemampuan/kompetensi yang diharapkan dikuasai mahas
iswa), (3)
deskripsi isi atau materi mata kuliah, (4) metode d
an media pembelajaran
secara umum, (5) evaluasi hasil belajar mahasiswa t
ermasuk tugas,
penyajian dan diskusi, (6) rincian isi atau materi
perkuliahan yang dirinci
untuk setiap pertemuan , dan (7) daftar buku utama
dan referensi.
c.
Contoh
Silabus
1.
Identitas mata kuliah
Nama mata kuliah : Model- model Pengembangan Kurik
ulum
Nomor kode : PK 921
Jumlah sks : 3 sks
Semester : 1
Kelompok mata kuliah : MKKU
Program studi/program : Pengembangan kurikulum/S-3
Status mata kuliah : Mata kuliah lanjut dari progr
am S-2 PK
Prasyarat : Bagi prodi PK telah menempuh kuliah lan
dasan
dan Prinsip pengembangan kurikulum.
Dosen : Prof. Dr. Nana Saodih Sy
2.
Tujuan
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharap
kan mampu menjelaskan
model-model: konseptual, desain, implementasi dan e
valuasi kurikulum dan
pembelajaran; model-model yang diterapkan dan perma
salahan yang dihadapi dalam
pelaksanaan model-model tersebut di Indonesia saa i
ni.
3.
Deskripsi Isi
Dalam perkuliahan ini dibahas model-model konsep: t
ransmisi, transaksi dan
transformasi; paradigma perenial, model-model; peng
organisasian isi,
pengajaran/pembelajaran, pengembangan, implementasi
dan evaluasi kurikulum.
Perkuliahan juga mengkaji isu-isu dan masalah-masal
ah yang dihadapi dalam
penerapan dan pengembangan macam-macam model kuriku
lum dan pembelajaran
saat ini.
4.
Pendekatan Pembelajaran
Ekspositori dan inkuiri
Metode : ceramah, tanya-jawab, diskusi dan pemecaha
n masalah
Tugas : laporan buku & makalah, penyajian dan disku
si
Media : OHP, LCD/power point
5.
Evaluasi
Kehadiran
Laporan buku
Makalah
Penyajian dan diskusi
UTS
UAS
6.
Rincian Materi perkuliahan tiap pertemuan
Pertemuan 1 : Rencana perkuliahan, review konsep d
an lingkup
pengembangan kurikulum
Pertemuan 2 : Konsep kurikulum transimisi; transaks
i dan transformasi
Pertemuan 3 : Kurikulum transmisi; konteks dan impl
ementasi
Pertemuan 4 : Kurikulum transaksi; kontreks dan imp
lementasi
Pertemuan 5 : Kurikulum transformasi; konteks dan i
mplementasi
Pertemuan 6 : Paradigma perenial pengembangan kurik
ulum
Pertemuan 7 : Paradigma perenial implementasi kurik
ulum
Pertemuan 8 : UTS
Pertemuan 9 : Model-model pengorganisasian isi kur
ikulum
Pertemuan 10 : Model-model pengajaran/pembelajaran
Pertemuan 11 : Model-model pengembangan kurikulum
Pertemuan 12 : Model-model implementasi kurikulum
Pertemuan 13 : Model-model evaluasi kurikulum
Pertemuan 14 : Isu-isu dan masalah dalam pengembang
an kurikulum di
Indonesia
Pertemuan 15 : Isu-isu dan masalah dalam implementa
si kurikulum di
Indonesia
Pertemuan 16 : Responsi dan pembulatan / pelengkapa
n materi
7
.
Daftar buku
Buku Utama
Beauchamp, George A. (1975).
Curriculum Theory. Wilmette, Illinois
: The KAGG
Press
Miller, John P dan Seller, Wayne. (1985).
Curriculum: Perspective and Practic
. New
York: Longman
Schubert, William H. (1986).
Curriculum: Perspective, Paradigm and Possibility
.
New York: MacMillan Publishing Co.
Referensi / Pengayaan
Beanne, James A (ed). (1995).
Toward A Coherent Curriculum
. Alexandria, Virginia:
ASCD
Hlebowitsh, Peter S. (1993).
Radical Curriculum Theory Reconsidered
. New York:
Teachers Colleges Press
Lapp, Diane, et all. (1975).
Teaching ang Learning: Philosophical, Psychological
,
Curricular Application
. New York: MacMillan Publishing Co. Inc.
Joice, Bruce at all. (2000).
Models of Teaching
. Boston: Allyn and Bacon.
Longstreet, WS and Shane, HG. (1993).
Curriculum for a New Millenium
. Boston,
London: Allyn and Bacon.
Olivia, P.F. (1992).
Developing the Curriculum
. New York: Harper Collins
Publishers.
Slattery, Patrick. (1995).
Curriculum Development in the Postmodern Era
. New
York: Garland Publishing, Inc.
Sukmadinata, Nana Sy. (2001).
Pengembangan Kurikulum:Teori dan Praktek
.
Bandung: PT Remaja Roosdakarya.
 
 
Blogger Templates